27 October 2008

My favourite indonesian singer

Aku sangat suka menyanyi, I love singing, like my cup of tea. one day aku ingin sekali bernyanyi di depan orang banyak, khalayak ramai. i hope i can make it through...... Amin.

menyanyi mempunyai banyak arti bagiku, untukku, menyanyi laiknya aroma terapi. Dengan menyanyi bisa melipur laraku... bisa membuat aku bersemangat lagi...apalagi dengan menyanyikan lagu-lagu yang berinspirasi, bener-bener seperti menghirup udara segar di pegunungan, laksana menghirup bau tanah yang disirami air hujan, bener-bener segar.

banyak penyanyi di dunia ini yang membuat aku kagum, dan terinspirasi.....cara mereka menyanyi, bagaimana mereka bersuara, paduan antara teknik dan kekuatan......membuatku kepengen banget sperti mereka....banyak penyanyi di dunia ini yang menurutku mempunyai kualitas vokal yang bagus......, mulai dari indonesia ya .......ini bukan berdasarkan urutan loh.....semuanya aku suka ........kalau ditanya preference sih itu urusan nanti...tapi yang pasti daftar berikut ini bagiku mempunyai kualitas suara yang layak diacungi jempol. mulai dari cewek,,,,, aku suka :

1. Shakila.....denger lagu lukisan pagi feat tohpati, uhh gila abis.........soulnya dapat banget...walau gak terlalu nampak ornamen vokalnya.

2. Shania... cewek yang suka gonta ganti rambut ini juga yahud menurutku dalam berolah vokal....lagu terakhir yang sempat kudengar adalah "cintai aku lagi, seperti waktu itu...tak dapat kuhindari bla bla bla" pokoknya bagus deh...

3. Ini agak mencuri perhatian akhir-akhir ini, dulu sewaktu dia jadi nyanyi rame-rame waktu dalam group 9 model indonesia, dia gak keliatan. tapi sekarang semenjak jadi istri Glenn Fredly... vokalnya semakin menjadi...yup Dewi Sandra. happening banget.

4. Nah ini nih paling aku seneng sekarang ini. dia ini tipe penyanyi indonesia yang ekslusif, gak terkesan murahan, dan tampil total di setiap performancenya....gw suka banget yang namanya Agnes Monica...........suaranya mantap, powerfull, dengan range vokal yang tinggi. dia bisa mengkreasikan vokalnya laiknya penyanyi top dunia. ornamen vokalnya bagus...mantap. packaging dia sebagai penyanyi sekaligus entertainer harus kuakui sangat ciamik. penyanyi yang memulai karir dari kecil ini emang kayaknya gak main-main dengan profesinya.
tau lagu Amazing grace ??? aku dulu gak tau lagu apa , tapi pas dia nyanyi wow kerenn abis. tau lagu light a candle nya dia feat keith martin....bener bener ciamik punya. apalagi pas lagu matahariku....kamu semua akan dengar range vokalnya yang tinggi. bagiku agnes adalah Diva indonesia sekarang ini.

terus terang untuk urusan tempo , aku lebih suka mendengarkan lagu dengan tempo yang lambat.....seperti ballad atau gospel gitu......bagiku penyanyi yang sempurna dalam tempo lambat dia tidak akan kesulitan dalam bernyanyi dalam tempo cepat. tapi belum tentu orang yang piawai dalam tempo cepat bisa bernyanyi sama baiknya dalam tempo lambat.....(itu kata mba titi loh............)

kalau penyanyi cowok aku suka

1.Marcell, suaranya terkesan mahal , dengan ornamen yang khas tapi tidak murahan. suaranya terdengar jazzy. eklusif banget. coba deh kamu dengar lagu dia yang terbaru.....judulnya "semua yang terlambat"......gila touched my heart...very much.... terus lagu "firasat" nya dia. hmmmmhh bagus banget.

2. Afgan, sebenarnya dia pendatang baru, tapi kualitas vokalnya prima. tebal dengan ornamen vokal yang khas. lagu "biru" milik vina bisa dinyanyikannya dengan gaya lain yang sempurna...."terima kasih cinta" merupakan lagu easy listening yang gak bosan didengerin karena dukungan vokalnya yang mantap.

3. Mike Indonesian idol..... ini juga nih..mantap abis... kualitas vokalnya bagus. memang sih kalau menurutku dia kurang powerfull, dengan range vokal yang kurang tinggi. tapi tubuhnya yang tambun dan wajahnya yang lucu sudah merupakan ciri khas tersendiri bagi mike....(sory mike). tapi sewaktu kamu dengerin waktu dia menyanyi lagunya titi dj, judulnya "Bahasa Kalbu" dan juga lagu "Bunda" nya Melly Goeslaw.....uhhhhh merinding.....dia terlahir untuk menyanyi kayaknya.

4. Judika Idol....Mike dan Judika merupakan 2 artis dari kompetisi idol-idol an yang menurutku mempunyai kualitas vokal tidak main-main. mantap. denger suara nya pas nyanyi lagu "bukan rayuan gombal" dan "malaikat". walaupun postur tubuhnya terbilang kecil, akan tetapi untuk urusan vokal, boleh dibilang komplet. timbre vokal yang tebal, range vokal yang lebar ditambah dengan dahsyat suaranya (powerfull abis)bener-bener mantap.

5. Rio Febrian.....untuk urusan ornamen vokal, menurutku dia masih kurang, tetapi untuk urusan penghayatan, sangat ok. timbre vokalnya tidak jazzy tapi tebal....aku masih ingat waktu dia nyanyiin lagu di albumnya tribute to koes plus judulnya "why do u love me". dia menyanyikannya dengan sangat simple, dengan vibra yang teratur... tapi terkesan megah. iya sih itu karena didukung aransemen Erwin gutawa yang meng-orkestra, hehehe. tapi kamu harus dengar jg deh lagu "jenuh" dan "lebih baik darinya". Mantap abis.

6. Tompie... susah deh nggambarinnya. Bagus banget. Ornamen vokal sempurna, tidak tebal. mampu menjangkau nada-nada tinggi. menyanyi bagi dia sudah seperti hobby... menyanyi dari hati...itulah yang menyebabkan suaranya terdengar begitu merdu dan melegakan. aku masih ingat waktu ia (di acara apa ya aku lupa)bersenandung lagu "bungong jeumpa", beuhhhh ornamen vokalnya mantap, dia bisa berlenggak - lenggok dalam bersuara laiknya orang berselancar di dalam gulungan ombak.. tidak ada nada yang fals, dan selalu dalam irama..... mantap. Dengerin tompie bernyanyi laksana berada dalam 2 suasana berbeda. dalam tempo cepat, kita laksana berada dalam suasana pesta, hilang problema, riang gembira. Dalam tempo lambat kita seakan berada dalam nuansa perbukitan yang sepi, sendiri, ditemani kepakan rajawali. sunyi.
Hebatnya lagi (ini yang menjadi nilai plus dia) karirnya bukan hanya sebagai penyanyi... dia adalah seorang dokter juga. sepertinya otak kiri dan kanan dari penyanyi kita yang satu ini sangat bersinergi. membentuk jalinan yang ritmis. ciamik.

7. Sammy kerispatih.....katanya sih dulu dia sempat ikut indonesian idol pertama dan pernah jadi finalis, tapi didiskualifikasi, karena sudah sempat bikin album bersama keris patih, aku kurang tau mengenai informasi itu. tapi emang layak dia jadi finalis, suaranya emang bagus, ornamen vokalnya juga bagus, mempunyai ciri khas tersendiri. dan timbre suara yang tebal.

8. Glenn Fredly... btw temanku pernah loh pacaran ma dia, (trus hubungannya apa ??? gak tau....)overall gw suka falseto nya. bagus banget. menurutku glenn sama baiknya ketika menyanyi lagu ballad dan lagu bertempo cepat... yang paling kusuka dari lagu Glenn adalah lagu "skali ini saja", trus lagu "kisah romantis" dengan tempo cepat mampu dibawakannya dengan sempurna.

itu sih menurutku yang kualitas bagus, kalau ada yang lain harap kasih comment ya, ya mungkin kalian akan protes kenapa aku gak memasukkan diva macam Krisdayanti, Titi DJ ruth sahanaya, Vina ataupun penyanyi sekelas Harvey, dan lain-lain......tapi ya itu tadi namanya musik banyak anggota badan yang berkolaborasi untuk merasakan. Telinga, otak, hati, dan perasaan. wajar jika setiap orang berbeda. karena music merupakan urusan rasa, tidak dapat digugat oleh siapapun juga, tidak juga oleh norma-norma.

1 comment:

Anonymous said...

waduh km apply as comentator aja Yo di kompetisi2, pasti ketrima dech:p
yah Aryo knp penyanyi2 jadul & gak eksis yang dikomentari, shakila apalagi sania..kalo penyanyi jadul knp gak sekalian siapa tuh yang nyanyi "lembayung Bali" tuh baru mantaap suaranya, merinding disco (minjem istilahnya Ahmad Dhani)kalo dengerin lagu itu..
kalo vokalis cew harusnya Sherina,Mellyy Goeslow,Rossa mereka tuh penyanyi2 yang bs menyanyikan lagu dg penuh penghayatan..itu kalo mnrt gw:)
kalo yang cowok yang kau nominasikan..ya boleh lah