22 October 2008

10 Cara Jitu agar iPod lebih bermutu


Sudah lebih dari 10 juta iPod terjual di seluruh dunia sejak pertama dirilis dua tahun lalu. Hampir seluruh pabrikan alat komputer mengekor dalam pembuatan MP3 player sejenis. Tapi tetap saja semua memilih iPod.

Nah, ikuti saja 10 cara mudah tapi jitu di bawah ini.

10. Beliin baju

iPod is a fashion statement, tulis sebuah majalah fashion terkenal. Selain sebuah perwujudan teknologi, alat hiburan portable, ia juga bagian dari penampilan penggunanya. Enggak heran ketika iPod jadi tren, berbagai casing yang personal diciptakan.

Jenis aksesori ini dibuat dalam berbagai kegunaan. Ada casing yang dibuat untuk melindungi iPod dari benturan. Ada yang anti-air (waterproof), untuk olahraga, sampai yang dibuat supaya iPod terlihat berbeda. Mulai casing warna-warni hingga casing gantungan leher dengan spotlight (bersinar di kondisi gelap).

9. Back-up dong!

Please, koleksi MP3 kita jangan hanya disimpan di iPod. Kalau iPod kita hilang lalu membuat ”harta karun MP3” ikut amblas, apa enggak nangis darah tuh?

Makanya selalu bikin back-up (cadangan) di komputer atau laptop kita. Kalau mau lebih aman lagi, di-burn aja ke CD.

8. Buat baca

Sempat kepikiran enggak mendengar file MP3 yang bukan musik di iPod? Misalnya mendengar suara pacar yang lagi belajar atau tinggal di lain kota lewat ”surat suara” yang dikirim via e-mail.

Download saja secara gratis berbagai artikel tips dalam bentuk suara (dalam file MP3) di situs-situs seperti ipodder.org, ipodderx.com, dan lain-lain. Malah di audible.com, kita bisa men-download novel atau buku-buku laris dunia dalam format suara. Jadi kita bisa ”membaca” lewat iPod.

7. Cek dong manualnya!

Banyak pengguna enggak tahu kalau ada fitur EQ (equalizer) dalam berbagai moda (misalnya classical, jazz, rock, dan sebagainya) di iPod. Padahal, dengan fitur ini, suaranya bisa lebih mantap, bersih, dan detail disesuaikan selera kita. Nah semua itu tercantum di manual, baik berupa buku maupun disc.

6. Go wireless

iPod bisa diperlakukan sama dengan HP yang sekarang serba tanpa kabel. Banyak cara yang memungkinkan kita mendengar iPod secara nirkabel. Bisa via earphone atau langsung dihubungkan dengan boombox/compo di kamar.

Alat yang bisa berupa earphone atau receiver untuk iPod ini sekarang memiliki dua varian. Ada yang bekerja melalui transmisi radio (FM) seperti PodFreq. Ada juga yang menggunakan bluetooth, seperti naviPlay dan naviPro eX.

5. Sound system mobil

Dengan kualitas suara bagus dan database lagu hingga ribuan, iPod cukup ideal sebagai bagian dari sound system di mobil. Caranya?

Gunakan sebuah alat bernama iTrip, yakni semacam transmitter yang dipasang ke iPod dan secara otomatis mencari gelombang FM yang kosong di tape/radio mobil kita. Setelah dapat, sinyal dari iPod langsung berkumandang. Kelemahannya, suara yang dihasilkan sangat bergantung pada bagus atau enggaknya gelombang yang dipakai.

Kalau enggak, coba saja transmitter untuk iPod yang masih menggunakan kabel. Jadi, kabel transmitter tersebut bisa disatukan dengan antena mobil yang ada. Dengan demikian, gelombang FM yang dipakai untuk iPod bisa lebih mantap bersuara.

Tapi cara yang paling mantap dan memiliki kualitas suara paling bagus adalah menghubungkan iPod dengan tape mobil melalui sebuah adapter (bentuknya bisa menyerupai kaset atau CD) yang dimasukkan ke slot kaset atau CD. Selain mampu menghasilkan suara bagus, data digital keterangan lagu, artis, durasi, dan sebagainya juga bisa ditampilkan di layar head unit sistem audio mobil kita.

4. Lebih heboh

Salah satu faktor lebih larisnya Apple iPod ketimbang MP3 player merek lain adalah kualitas suaranya. iPod tetap mampu bersuara bagus bila dipasangkan dengan sistem audio/hi-fi yang lebih serius (sistem dengan amplifier plus speaker terpisah). Mau bukti? Paling mudah bisa dicoba di sistem speaker portable yang khusus dibuat untuk iPod. Alat yang terdiri dari dua speaker kecil plus amplifier yang sudah inheren di alat portable ini bisa kita pilih dari berbagai merek. Tancapkan saja iPod ke tempat (disebut dock) yang disediakan, lalu mainkan.

Kalau mau lebih murah meriah, cukup beli kabel yang khusus dibuat untuk menghubungkan iPod ke sistem hi-fi (harganya enggak sampai Rp 100.000).

3. Perkaya koleksi

Hayo, sudah saatnya kita memperkaya database MP3. Jangan cuma dari hasil rip (proses pengubahan dari CD jadi file MP3) dong, tapi coba hunting ke internet. Banyak kok situs MP3 yang legal, bukan bajakan, mudah di-download, dan gratis tentunya.

Paling lengkap dan asyik adalah iTunes Music Store (http://apple.com/itunes/download). Sayangnya yang gratisan berkualitas kurang bagus. Kalau mau lebih jernih dan mantap, ya kita kudu bayar dulu. Biasanya sih situs resmi sebuah band terkenal juga menyediakan fitur download lagu-lagunya.

2. Cek bit-rate

Sering kali kita enggak care soal bit-rate (satuan ukur kecepatan sinyal audio, diwakili dengan satuan kbps/kilobytes per second) saat melakukan proses rip (mengubah CD jadi MP3). Semua kita lakukan sesuai standar software rip-nya saja (rata-rata masang bit-rate di 96 kbps). Padahal, kalau kita mau utak-atik lebih jauh, kualitas suara MP3 hasil rip itu bisa makin mendekati kualitas CD lho. Bisa hingga 128 kbps, bahkan ada software yang memungkinkan kita me-rip dengan bit-rate hingga 192 kbps.

Memang sih, semakin tinggi bit-rate yang digunakan, semakin besar file MP3 atau AAC (file audio khas iPod). Berarti kita enggak bisa menyimpan lagu sebanyak lagu-lagu yang di-rip dengan bit-rate standar. Ya tinggal selera kita saja, lebih mentingin kualitas suara atau kuantitas lagu yang ada di iPod.

1. Ganti earphone

Earphone yang melengkapi tiap jenis iPod yang kita beli memang berkualitas enggak terlalu bagus. Ganti dengan earphone lebih berkualitas, seperti beberapa model dari Sony, atau sekalian yang bagus kayak Philips, Shure, atau Beyerdynamic. Kalau perlu gunakan saja headphone, yang ukurannya lebih besar (menutupi telinga) tapi jauh lebih nyaman dan bersuara jempolan.

Percaya deh, dengan mengikuti 10 hal di atas, dijamin iPod kita makin dahsyat. Baik dari sisi kualitas, teknologi, juga tampilan yang lebih personal. Dan ingat, ada empat hal tambahan bagi para pencinta iPod (kudu selalu diaplikasikan ke gadget ini), yaitu: download, rip, listen, and explore your iPod.

Dari tulisan mas Dharma Soedirman......




1 comment:

julaz_dajunojulio@yahoo.co.id said...

stuju mas!!!yang saya mau tanyakan disini khan biasanya kalau kita mau import music lwat iTunes khan muncul tlisan "Convert" tapi kok di Itunes ver.10 gak ada ya?/atau mngkin prosedur sya slah?itu berpengaruh pad kualitas suara d iPod gak?mhon pnjelasanya!thnx