22 October 2008

Body of Lies, pesan yang tersamarkan

“Semua laki-laki adalah Bajingan…..” Teriak Mawar (bukan nama sebenarnya, halah iki opo to yo….) saat mengetahui bahwa kumbang (juga bukan nama sebenarnya,……nama sebenarnya adalah Bambang….ups….eh bukan nama sebenarnya juga deng…) tidak mau bertanggung jawab atas kehamilannya.

Si Tawon (tawon sama kumbang sama gak ?) yang mendengar makian si Mawar, jelas aja tersinggung…. “Enak aja ….. gw kan cow baik2 kumbang aja yang brengsek jangan menggeneralisir gitu dong war…..(mawar maksudnya, ingat bukan Warto……………….Warto nama paklikku……gubrak)…….”

“Nah adik-adik jangan ditiru ya kejadian diatas….. gak baik untuk perkembangan mental adik-adik..” ………….ups bukan itu yang jadi ikon cerita kali ini, penggalan fragmen diatas hanya sebagai analogi film yang baru kutonton tadi malam….Body of Lies.

Temenku irfan kemaren bilang kalo film ini gak gimanaa gitu dari sudut pandang agama islam… penasaran aku, yaudah tak tonton aja.

Eh gak taunya bener banget…dari awal film ini berkisah tentang upaya CIA untuk memberantas teroris….dengan segala intrik yang ada….tapi ada satu kelemahan film ini (signifikan banget menurutku) yaitu sangat sangat mendiskreditkan umat islam…..Digambarkan bagaimana seorang teroris (Muslim arab) menghalalkan segala cara. Dengan nama Tuhan mereka membunuh orang-orang kafir yang akhirnya justru timbul banyak korban dari orang-orang yang tak berdosa.

Memang sih gw setuju kalo banyak oknum oknum (dari Islam itu sendiri) yang sangat fanatik dan mengartikan ayat-ayat suci Al Qur’an sepotong-sepotong yang justru malah membuat Kesan Islam yang indah dan Rahmatan Lil Alamin, menjadi agama yang penuh terror dan kebencian.

….tapi tolong Islam tidak seperti itu guys…….Islam agama penuh cinta dan kasih…….penuh hormat terhadap pemeluk agama lainnya dan saling menghargai…. Islam cinta damai dan menganjurkan umatnya untuk saling tolong menolong……….

Gak tau kenapa sejauh yang aku lihat dari seluruh fragmen yang ada, hanya menggambarkan kekerasan yang seakan-akan mewakili umat islam yang sesungguhnya, its Okay emang ada salah satu adegan yang menceritakan si Farris (Leonardo di Caprio) mengatakan bahwa terroris itu (al salaam kalo gak salah) salah mengartikan kandungan AlQuran……tapi itu hanya sepintas………dan berlalu tanpa kesan…….

jujur kalo pesan film ini untuk meluruskan pandangan awam mengenai islam yang sesungguhnya....bagiku sebagai penikmat film, sangat jauh dari apa yang diharapkan............


Sebel deh……………………..Amerika…..amerika…..



(nulis ini sambil menggerutu dalam hati.......campur ngantuk......udah jam setengah 1 malam euy...)

No comments: