18 September 2008

Zakat......oh......Zakat.... (Berkaca pada peristiwa Pasuruan)

Innalilahi Wa Innailaihi Ro’jiun .............................ikut belasungkawa terhadap 21 orang yang menjadi korban dalam pembagian zakat di Pasuruan.
Miris memang negara ini, kalau tidak bisa dikatakan ironis.
Setelah menyaksikan betapa dahsyatnya jumlah orang yang mengantri hanya untuk mendapat selembar 20 ribuan dan selembar 10 ribuan, saya jadi menyangsikan statement RI 1 kita yang mengatakan bahwa tingkat kemiskinan negara kita turun drastis..
Sebenarnya ini bukan kejadian yang pertama kalinya, sudah banyak korban yang berjatuhan hanya gara-gara berebut uang zakat. di kediri , di bumiayu dan tempat-tempat lain sudah pernah kita saksikan banyak korban yang berjatuhan walaupun semuanya tidak menimbulkan korban jiwa.

melihat kejadian itu sudah sepatutnyalah kita berintrospeksi, ada apa fenomena ini semua. kalau kita ingin menelusuri lebih jauh... fenomena ini merupakan cermin bahwa pemerintah masih harus banyak berjibaku ke bawah, pemerintah harus sering jongkok melihat sekitar, dan bener- bener harus lebih peduli pada rakyat kecil.
memang banyak yang harus kita tanyakan seiring dengan kejadian ini ? sebenarnya bagaimanakah mekanisme pembagian zakat yang dilakukan oleh lembaga-lembaga amil zakat di seluruh indonesia ? sudahkah benar dan adil ? kalaupun sudah mengapa kejadian ini selalu terulang lagi.
saya pribadi sangat setuju dengan mekanisme bahwa seyogyanya zakat dari personal sudah seharus nya tidak dikelola sendiri akan tetapi lebih baik dipercayakan kepada lembaga-lembaga amil zakat yang ada. Dari sinilah akan timbul pertanyaan sudah kredibel kah lembaga-lembaga zakat nasional ???? Hal inilah yang harus dibenahi pemerintah agar kelak para dermawan dapat mempercayakan uang zakatnya sehingga resiko korban jiwa dapat diminimalisir.

3 comments:

Pandhu said...

PRAM ...aku absen nihh...udah mampir... hehehe

koment deh sekalian mengenai zakat...

1. Yang salah dari carut marutnya pembagian zakat nomer satu adalah pemerentah yang amat guk guk!! klo pemerentah bisa memakmurkan rakyatnya...hal guk guk kaya gitu gak akan terjadi....

2. Yang kedua adalah mental tangan di bawah yang akrab sama orang indonesia..guk guk bangett!! turut berduka buat kaum manula yang menjadi korban pembagian zakat tersebut...btw...kok sekilas di tipi ...mayoritas yang berdesak2an tuh orang2 yang sebenernya masih mampu buat bekerja...dan ga pas kalo jadi penerima zakat...so...what the **** are they doin out there?!?!?!

3. memang sebaiknya negara guk guk ini harus dibakar...udah kepenuhan ma orang2 yang hauss akan harta...sampe gak peduli sama yang di bawah...guk guk banget lahh...apa lagi klo ngeliat acara tipi tentang membongkar kasus skandal BPK...KPK...suap menyuap hingga miliaran....guk guk!!!


udah ah pram...cape ngetik...hehehe

Anonymous said...

Hai!
Aku setuju sih, sama itu semua. Emang kadang-kadang pemerintah Indo bisa bener-bener t*l*l.

Btw, selamat Hari Raya Idul Fitri!
Mohon maaf lahir dan batin, yah!

:) Yosi

Ariyo said...

sistem zakat itu merupakan handicap dari sedemikian besarnya persoalan indonesia yang gak beres....banyak korupsi ....itulah penyakit kronis yang harus diamputasi.

Pandu dan Iris tersayang, (ceileee) kayaknya indonesia harus diformat deh......
........banyak program-program yang kecantol di registry....gak cukup hanya dengan menggunakan registri cleaner atau auto remover...

Kita perlu pemimpin yang berani dan jujur................
Berani dan Jujur...
Berani dan Jujur...
Berani dan Jujur....